Tentang Program Studi

icon front default1

Universitas Sumatera Utara yang merupakan bagian integral dari lembaga pendidikan tinggi nasional dalam periode lima tahun terakhir berada dalam masa transisi sehubungan dengan perubahan status dari PT-BHMN menjadi PTN-BH. Akibat perubahan status itu maka rencana strategis USU mengalami penyesuaian termasuk penyesuaian visi, misi USU.


Berdasarkan PP Tahun 2003, USU ditetapkan sebagai PT-BHMN yang ke lima di Indonesia dan pertama di luar Jawa. Status USU sebagai PT-BHMN memberikan USU kewenangan dalam menetapkan visi, misi, tujuan dan sasarannya dalam menghadapi persaingan yang semakin menggelobal. Mengikuti status USU sebagai PT-BHMN, rencana strategis USU yang disusun untuk periode 2004-2009 dan 2009 – 2014 menetapkan visinya University for Industry. Visi USU ini dilatarbelakangi oleh suatu semangat bahwa USU akan dikembangkan menirukan filosofi pengembangan suatu industri. Produk yang dimiliki USU adalah produk jasa pendidikan yang mengutamakan prinsip-prinsip mutu, efektifitas dan efisiensi untuk meningkatkan daya saing produknya di masyarakat.


Dalam era persaingan global ini, USU melihat bahwa produk jasa pendidikan yang diinginkan oleh masyarakat adalah berupa produk jasa pendidikan yang tidak saja dikemas dalam suatu program pendidikan formal (berjangka waktu tertentu) melainkan juga program pendidikaan non-formal (berjangka waktu yang tidak terbatas/ long life time education).
Selanjutnya, produk jasa pendidikan yang dihasilkan oleh pendidikan formal tersebut seperti hasil-hasil penelitian, pengabdian masyarakat, informasi-informasi penting dan terkini, dalam arti yang seluas-luasnya dikemas dalam suatu situs dunia maya (teknologi informasi/TI) yang dapat diakses oleh masyarakat luas. Hal inilah yang disediakan oleh USU sebagai satu dari beberapa bentuk lain pendidikan non-formal bagi masyarakat pengguna jasa pendidikan. Dengan demikian masyarakat luas dapat memperoleh akses pendidikan baik secara formal dibangku perkuliahan maupun secara non-formal melalui teknologi informasi.


Bertolak rencana strategis dan visi, misi USU maka Fakultas Teknik USU kemudian menurunkan/ merumuskan visi, misi, tujuan dan sasaran fakultas yang dinyatakan dalam dalam rencana strategis FT USU 2010/2014 yaitu “FT USU Toward a World-Class Qualities of an Engineering Higher Education Institution”. Visi tersebut menyatakan secara jelas bahwa Fakultas Teknik USU ingin mewujudkan diri sebagai lembaga pendidikan tinggi yang semua outputnya mampu bersaing dalam skala dunia. Berdasarkan rencana strategis dan visi Fakultas Teknik USU, Program Studi Teknik Industri sebagai subset dari Fakultas Teknik USU kemudian menurunkan rumusan visi, misi, tujuan, sasaran yang semuanya tertuang dalam rencana strategis 2010-2014.


Dengan berjalannya waktu dan mengikuti perkembangan sosial, politik dan ekonomi nasional maka status USU mengalami perubahan. UU No. 12 Tahun 2012 tentang pendidikan tinggi menetapkan status baru USU sebagai PTN-BH. Mengingat perubahan status ini berbagai pembenahan dan penyesuaian termasuk penyusunan statuta, rencana strategis baru yang semuanya membutuhkan waktu maka demi kelancaran proses akademik dan sistem administrasi maka untuk sementara yang USU beruperasi dalam status Badan Layanan Umum (BLU).

Statuta baru USU kemudian dirampungkan dan melalui PP No.16 Tahun 2014 pada tanggal 28 Februari 2014 status USU sebagai PTN-BH kemudian ditetapkan. Mengikuti perubahan Statuta USU maka disusun rencana strategis USU untuk periode 2014-2019. Dalam Rencana Strategis 2014-2019 dirumuskan visi USU sebagai berikut:

Menjadi Perguruan Tinggi yang memiliki keunggulan akademik sebagai barometer

kemajuan ilmu pengetahuan yang mampu bersaing dalam tataran dunia global.

Berdasarkan rencana strategis dan visi tersebut, Fakultas Teknik menymerumuskan rencana strategis yang menjelaskan visinya sebagai berikut :

Menjadi Fakultas Teknik yang unggul dan berdaya saing global dalam pengembangan

ilmu pengetahuan dan teknologi dan riset terapan.

Lebih lanjut, Program Studi Teknik Industri USU melalui proses panjang yang melibatkan seluruh pemangku kepentingan (stakeholder) sebagaimana hanya induknya USU dan Fakultas Teknik kemudian menurunkan visi program studi yang tertuang dalam rencana strategis Program Studi Teknik Industri 2014-2019. Dalam evaluasi diri ini akan diuraikan secara berurutan visi, misi, tujuan, sasaran, dan strategi pencapaian sebagaimana tertuang dalam rencana strategis di atas.

PRODI TEKNIK INDUSTRI

Program Studi (PS) : TEKNIK INDUSTRI
Jurusan/Prodi              : TEKNIK INDUSTRI
Fakultas                       : TEKNIK
Perguruan Tinggi         : UNIVERSITAS SUMATERA UTARA
Nomor SK pendirian PS (*) : 0535/O/1983
Tanggal SK pendirian PS : 08 Desember 1983
Pejabat Penandatangan
SK Pendirian PS        
:
Menteri Pendidikan dan kebudayaan
Prof. Dr. Nugroho Notosusanto
Bulan & Tahun Dimulainya
Penyelenggaraan PS               
 
:
 
1965/1966
Nomor SK Izin Operasional (*) : 046/BAN-PT/Ak-XII/S1/II/2010
Tanggal SK Izin Operasional : 11 Pebruari 2010
Peringkat (Nilai) Akreditasi Terakhir : B
Nomor SK BAN-PT               : 502/SK/BAN-PT/Akred/S/V/2015
Alamat PS         : Jl. Almamater Kampus USU Medan, 20155
No. Telepon PS                       : 061 8213251
No. Faksimili PS                     : 061 8213251
Homepage dan e-mail PS        : dti.usu.ac.id/This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.