Laboratorium Tata Letak Fasilitas & Pemindahan Bahan

LABORATORIUM TATA LETAK PABRIK DAN PEMINDAHAN BAHAN

(LAB TLP & PB)

SEJARAH

Laboratorium tata letak pabrik dan pemindahan bahan didirikan oleh Prof. Dr. Ir. Sukaria Sinulingga, M.Eng. dengan Ir. Danci Sukatendel .

Laboratorium tata letak pabrik dan pemindahan bahan merupakan salah satu laboratorium di Departemen Teknik Industri. Sesuai dengan namanya, Laboratorium ini membahas tentang perancangan atau Perencanaan tataletak yang dapat diartikan sebagai kegiatan yang berhubungan dengan perancangan susunan unsur fisik suatu kegiatan. Perencanaan tataletak selalu berhubungan erat dengan industri manufaktur, yang penggambaran rancangannya dikenal sebagai tata letak pabrik.

LATAR BELAKANG

Ilmu perancangan tata letak pabrik dan pemindahan bahan dianggap penting menjadi kebutuhan mahasiswa karena Perencanaan tataletak merupakan salah satu tahap perencanaan fasilitas yang bertujuan untuk mengembangkan suatu sistem produksi yang efisien dan efektif, sehingga dapat tercapai suatu proses produksi dengan biaya yang paling ekonomis. Laboratorium menjadi sarana bagi mahasiswa untuk meningkatkan pemahaman dan kemampuan mahasiswa dalam bidang perancangan.

Untuk mewujudkan hal tersebut, Laboratorium tata letak pabrik dan pemindahan bahan terus meningkatkan pelayanannya terutama dalam hal pelaksanaan praktikum.

Materi yang menjadi fokus bahasan di Laboratorium tata letak pabrik dan pemindahan bahan adalah perancangan dengan menggunakan Systematic Layout Planning yang digambarkan separti skema berikut.

tlp

Gambar 1.1. Diagram Tahap-tahap Perancangan Tata Letak Pabrik

 

Berikut merupakan ruangan Laboratorium TLP
kegiatan asistensi