Laboratorium Proses Manufaktur

SEJARAH

Laboratorium Proses Manufaktur berdiri dan diresmikan di Departemen Teknik Industri USU pada tahun 2005. Pada awalnya lab ini bernama Laboratorium Proses Produksi, namun karena perkembangan ilmu dan perubahan kurikulum maka perlu diubah nama dan haluannya menjadi Laboratorium Proses Manufaktur.

Laboratorium Proses Manufaktur didirikan atas gagasan salah satu Dosen di Departemen Teknik Industri USU, yaitu Ir. Suhaimi Simatupang (Alm.). Beliau menghimpun beberapa mahasiswa TI stambuk 2003 untuk menjadi Asisten generasi pertama yaitu, Bag Kinantan, Joni Malau, Suharmiko, Sandy F. Sitorus, Tuvery D. Bintang, dan Imran Hasibuan.

LATAR BELAKANG

Laboratorium Proses Manufaktur merupakan salah satu laboratorium yang ada di Departemen Teknik Industri yang berada di lantai satu gedung satu Fakultas Teknik, Universitas Sumatera Utara. Laboratorium Proses Manufaktur sebagai sarana penunjang perkuliahan dan berperan aktif dalam meningkatkan pemahaman dan kemampuan tentang teknologi industri, bagi para mahasiswa.

Untuk tujuan tersebut Laboratorium Proses Manufaktur terus berupaya untuk menigkatkan kualitas pelayanannya, terutama dalam pelaksanaan praktikum bagi mahasiswa, selain sebagai tempat penelitian bagi mahasiswa dan dosen.

Sampai tahun 2012, Laboratorium Proses Manufaktur memfokuskan modul atau materi praktikum pada industri pengolahan, yakni melalui program penerapan Mini Plan Pabrik Pengolahan Minyak Kelapa. Tetapi seiring dengan perkembangan teknologi dan tersedianya sumber daya alam yang dibutuhkan, maka diadakan pengembangan pada modul atau materi praktikum Laboratorium Proses Manufaktur. Adapun pengembangan modul tersebut adalah sebagai berikut:

1.      Proses Produksi Minyak Kelapa

2.      Proses Pembentukan Logam

3.      Proses Penambahan Nilai Produk

4.      Kunjungan Pabrik.

 

Untuk informasi lebih lanjut kunjungi : prosmantiusu.blogspot.co.id